Kelas 2DB01
Adhi Nugraha (30117119)
Dimas Alief Wicaksono (31117703)
Fadhlan Akbar Makarim (36117902)
Lintang Aprian Nur Asa (33117325)
Yoga Alfaridzky (36117265)
1.Buka
software blender untuk mebuat objek
2.Tekan
“X” lalu klik delete untuk menghapus objek
gambar awal
3.tekan
SHIFT+A lalu pilih cylinder
4.atur
vertical menjadi “17”
5.Hasil :
6.PIlih
edit mode
7.Pilih “Face select+shift-Cick for
multiple modes,Ctrl-Click expands selection”
8.pilih “faces” atas tutup tabung lalu
tekan “X” lalu pilih faces.
9.Hasil :
10.Add modiier disebelah kanan dan pilih Solidify
11. Hasil:
12.Jadikan
Thickness dan Atur Angka menjadi “0,2”
13. Hasil:
14.Pilih
object mode
15.apply
modifier and remove from the stack
17.klik
object mode dan klik edit mode
18.klik
view dan pilih “view persp/ortho” Numpad 5
19. Hasil
:
20. klik
view dan pilih “klik” front Numpad 5
21.Hasil
:
22.
tekan kontrol R kemudian scroll
23.hasil :
24.tekan
tombol shift
25.
26.
tekan tombol shift lalu geser cursor ke kiri setelah itu tekan tombol E
27. klik
tombol “view” dan pilih right atau numpad 3
28. Hasil
:
29.tekan
tombol E dan lalu tekan tombol R dan tekan tombol x dan pilih angel 45
30.
klik view dan klik front atau numpad 1
31.Hasil
:
32.tekan
tombol R dan tombol x dan pilih angela -45
33. Hasil :
34.
tekan tombol x setelah itu pilih faces dan klik kanan tekan tombol F ,Kklik kanan tekan tombol f
35. hasil
:
36. tekan
tombol E dan klik kanan dan tekan tombo
f
37. Hasil :
38.pilih faces
39. Hasil :
40. tekan huruf “X”
lalu pilih Faces
41. Hasil :
42. Klik edge select pada
menu dibawah
43. tekan Sihft dan
seleksi vertex yang berpasangan lalu tekan “F”
44. Hasil :
45. Klik Kanan lalu tekan
huruf “F”
46. lakukan step yang
sama hingga membentuk sebuah gagang gelas tersebut
47. Hasil :
48. tambahkan vertex
tersebut hingga menutupi bagian luar gelas tersebut
49. tambahkan vertex pada
bagian samping gagang tersebut
50.
Hasil :
51. Klik menu “Add
Modifier” lalu klik menu “Subdivision Surface”
52. Hasil :
53. lalu
ubah “View” dan “Render” yang awalnya 2 menjadi 3 agar tampilan menjadi lebih
halus
54. tekan tombol “CTRL +
R” sambil mengklik dan menggeser Vertex tersebut agar gagang menjadi lebih
halus
55. Hasil :
56. lakukan step yang
sama seperti langkah no.54 pada bagian bawah gagang gelas tersebut
57. Hasil :
58. tekan tombol “CTRL+R”
pada bagian atas gelas/mulut gelas agar bagian atas gelas lebih halus
59. Hasil :
60. lakukan step seperti
langkah no.58 untuk pada bagian bawah gelas
61. Hasil :
62.
Pindahkan pointer ke ujung atas pegangan gelas
63.
Drag hingga sedikit miring ke kanan
64. Pindahkan pointer ke
ujung bawah pegangan seperti gambar
65. Drag ke arah kanan
hingga merata
66. Klik
Adjust cage to modifier result
67.
Ini Hasilnya
68.
Putar layar hingga berbentuk seperti di gambar
69.
Taruh pointer ke bagian alas dalam gelar
70.
Apply modifier and remove from the stack
71. Ini hasilnya
72.
73. lakukan render
seperti gambar
74. Ini hasilnya
75. Pilih enable nodes on
a material
76.
Pilih sesuai gambar
77. Lakukan Blender
Render lagi
78. Ini hasilnya
79.
Lakukan Step seperti gambar
80. Beginilah hasilnya
81. Add new material dan atur warna serta
teksturnya
82. Lakukan render
83.
Inilah Hasil akhirnya