Wikipedia

Hasil penelusuran

Archive for 2019


Judul   : MODEL PENGEMBANGAN STANDAR PROFESI DI BIDANG IT.
Jurnal  :  SIMPLE
Tahun  : Rabu,15 Juni 2016
Penulis : Denyhad
Reviewer :            Lintang Aprian Nur Asa

tanggal  :10 Oktober 2019

Tujuan penelitian :  Untuk mengetahui bagaimana model pengembangan standar profesi di                                                  bidang IT.
Subjek penelitian :   Standar Profesi di bidang IT.
Metode penelitian :  Deskripsi Kerja Profesi IT

Berikut ini merupakan beberapa deskripsi kerja (job description) dari beberapa profesi yang terdapat di bidang IT.

1. Programmer
• Mengambil bagian dalam pengembangan dan integrasi perangkat lunak.

2. Sistem Analis
• Mengumpulkan informasi untuk penganalisaan dan evaluasi sistem yang sudah ada maupun untuk rancangan suatu sistem.

3. IT Project Manager
• Mengembangkan dan mengelola work breakdown structure (WBS) proyek teknologi informasi.

4. IT Support Officer
• Menerima, memprioritaskan dan menyelesaikan permintaan bantuan IT.

5. Network Administrator
• Maintain dan perawatan jaringan LAN.
• Archive data.
• Maintain dan perawatan komputer.

6. Network Engineer
• Maintenance LAN dan Koneksi Internet
• Maintenance hardware

7. Network and Computer Systems Administrators
• Menjaga dan mengelola jaringan komputer dan lingkungan komputasi terkait termasuk perangkat keras komputer, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi, dan semua konfigurasi.

8. Network Systems and Data Communications Analysts
• Menguji dan mengevaluasi hardware dan software untuk menentukan efisiensi, reliabilitas, dan kompatibilitas dengan sistem yang ada, dan membuat rekomendasi pembelian.

9. Web Administrators
• Back up atau memodifikasi aplikasi dan data yang terkait untuk menyediakan pemulihan kerusakan.

10. Web Developers
• Mendesain, membangun, atau memelihara situs web, menggunakan authoring atau bahasa scripting, alat penciptaan konten, alat manajemen, dan media digital.

11. Computer Security Specialists
• Mengenkripsi transmisi data dan membangun firewall untuk menyembunyikan informasi rahasia seperti sedang dikirim dan untuk menahan transfer digital tercemar.

Hasil Penelitian Berdasarkan perkembangan Teknologi Informasi secara Umum, serta kebutuhan di Indonesia serta dalam upaya mempersiapkan diri untuk era perdagangan global Beberapa usulan di tuangkan selaku perhimpunan masyarakat computer dan informatika di Indonesia juga tak lepas dari Agenda pemerintahan melalui Departemen terkait. Langkah-langkah yang diusulan dengan tahapan-tahapan sebagai beriku :
1. Penyusunan kode etik profesiolan Teknologi Infomrasi
2. Penyusunan Klasifikasi Pekerjaan (Job) Teknologi Informasi di Indonesia
3. Penerapanan mekanisme sertifikasi untuk profesional TI
4. Penerapan sistem akreditasi untuk Pusat Pelatihan dalam upaya Pengembangan Profesi
5. Penerapan mekanisme re-sertifikasi
6. Promosi Standard Profesi Teknologi Informasi
Beberapa rencana kegiatan SRIG-PS pada masa mendatang dalam upaya memasyarakatkan model standardisasi profesi dalam dunia TI adalah :
1. Distribusi dari manual SRIG-PS di SEARCC”96 di Bangkok.pada bulan Juli 1996.
2. Promosi secara ekstensif oleh para anggota dari 1996-1997
3. Presentasi tiap negara yang telah benar-benar mengimplementasikan standard yang berdasarkan model SRIG-PS, pada SEARCC’97 di New Delhi. Ini merupakan penutupan phase 2 dari SRIG-PS.

Untuk mempromosikan model standardisasi dalam dunia TI ini, SEARCC memiliki berbagai perencanaan kampanye antara lain :
- Publikasi dari Standard Profesional Regional diterbitkan di seluruh negara anggota
- Presentasi secara formal di tiap negara anggota.
- Membantu implementasi standard di negara-negara anggota
- Memonitor pelaksanaan standard melalui Himpunan/Ikatan nasional
- Melakukan evaluasi dan pengujian
- Melakukan perbaikan secara terus menerus
- Penggunaan INTERNET untuk menyebarkan informasi mengenai standard ini.

Untuk mengimplementasi promosi di Phase 2, SRIG-PS memperoleh dana bantuan yang akan digunakan untuk :
1. Biaya publikasi : disain, percetakan dan distribusi
2. Presentasi formal di negara anggota
3. Membantu implementasi standar di negara anggota
4. Pertemuan untuk mengkonsolidasi, memonitor, dan bertukar pengalaman.
               

Kelebihan  :          
1.    Dapat mencari informasi yang dibutuhkan secara cepat untuk kepentingan pendidikan.
2.    Dapat memudahkan kita untuk melakukan bisnis secara online yang dapat diakses secara mudah dan cepat.
3.    Pemerintah dapat secara mudah mengontrol usaha di berbagai sektor dan industri masyarakat.

Kekurangan :       
1.    Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
 2.      Menciptakan seseorang menjadi seseorang yang individualis, karena terlalu sibuk dengan urusan mereka sendiri.
3.    Dengan adanya akses internet, dan isinya sudah ada bermacam informasi yang dibutuhkan, hal itu akan menyebabkan kita malas untuk membaca buku-buku pendidikan. karena telah terpengaruh oleh hal-hal yang instan.

kesimpulan :        
Perkembangan teknologi informasi dan internet sangatlah pesat dan berpotensi untuk membantu mempermudah umat manusia mengarungi kehidupanya untuk mencapai keberhasilan dalam bermasyarakat.efek-efek negatif bisa dihindari dengan memberikan pedoman-pedoman etika yang jelas kepada para profesional dan pengguna teknologi ini.Mamfaat maksimal atau efek negatif dari teknologi informasi sangat tergantung pada manusia yang mengoperasikan.
Secara umum, pekerjaan dibidang teknologi informasi setidaknya terbagi menjadi tiga kelompok sesuai bidangnya, yaitu : 1. Kelompok pertama adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software), baik mereka yang merancang sistem operasi, database, maupun sistem aplikasi. Mereka adalah Programmer, Web Designer, Web Programmer. 2. Kelompok kedua adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras (hardware). 2. Kelompok kedua adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras (hardware).mereka adalah Technical Engineer, Networking Engineer. 3. Kelompok ketiga. Adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional sistem informasi. EDP Operator, Sistem Administrator.

Review Jurnal Model Pengembangan Standar Profesi Di Bidang IT

Posted by : Lintang Aprian Nur Asa 0 Comments

Pertama-tama tambahkan sebuah objek kubus dengan cara menekan Shift + A pada keyboard lalu memilih Mesh > Cube dan objek akan ditambahkan sesuai dengan posisi kursor.
Setelah menambahkan objek kubus, tambahkan lagi sebuah objek silinder dengan menggunakan cara yang sama tetapi pilih Mesh > Cylinder.
Scale objek dengan menekan tombol S lalu gerakkan mouse sehingga objek silinder menjadi kecl lalu rotate objek silinder searah sumbu x sebesar 90 derajat dengan cara menekan R + X lalu ketikkan 90 dan tekan Enter, kemudian scale sesuai sumbu Y dengan menekan tombol S + Y lalu gerakkan mouse sehingga objek silinder menjadi memanjang. Untuk pemberian warna, pilih sebuah objek terlebih dahulu lalu pada kumpulan Properties yang terdapat pada sebelah kanan layar, pilih properties Material. Tekan tanda + untuk menambahkan material baru. Untuk mengubah warna objek, tekan Warna yang terdapat pada submenu Diffuse kemudiian akan muncul cakram warna yang dapat dipilih sesuai keinginan.






CSG dengan blender

Posted by : Lintang Aprian Nur Asa 0 Comments

Buat objek baru berupa path


Kemudian extrude di bagian ujung.




Ganti fillnya menjadi “Full” dan ubah Depthnya menjadi 0.1.


Berikut adalah tampilannya.


Lalu, ubah originnya agar menjadi berada di tengah.


Tambahkan modifier mirror.


Berikut tampilan setelah di-mirror.


Setelah itu, tambahkan object cube.








Bentuk hingga menyerupai bangku. Kemudian, tambahkan Modifier subdivision surface.






Pilih face di tengah objek yang dibuat.


Aktifkan dan nyalakan proportional editing.


Hasil :










VSD dengan blender

Posted by : Lintang Aprian Nur Asa 0 Comments

1.Langsung dibuka saja software Blendernya. Maka akan terbuka tampilan berikut.

2.membuat objek meja. Tekan Create pada panel kiri atas lalu pilih cube.


3.Lalu, Atur size objek tersebut searah vertikal dengan menekan tombol S + Z.







4.Setelah itu, buat kaki meja dengan membuat garis potong searah horizontal dengan masuk ke objek mode dan menekan tombol ctrl + R. Kemudian, buat laci dengan memilih sisi lalu diikuti dengan menekan tombol E + S. Setelah itu, buat tampungan laci bagian bawah dengan mengekstrudenya.

5.Lalu, extrude pada bagian kolong meja dan bolongi dengan menekan X serta pilih faces.



6.Kemudian, tambahkan tekstur pada objek meja dengan pergi ke texture lalu pilih type sebagai image or movie.

7.Lalu pilih open dan pilih texture yang telah di download.

8.Maka, objek akan memiliki tekstur. Tambahkan pada objek meja Berikut tampilannya.





Tekstur dengan blender

Posted by : Lintang Aprian Nur Asa 0 Comments
Kelas 2DB01

Adhi Nugraha (30117119)
Dimas Alief Wicaksono (31117703)
Fadhlan Akbar Makarim (36117902)
Lintang Aprian Nur Asa (33117325)
Yoga Alfaridzky (36117265)


1.Buka software blender untuk mebuat objek

2.Tekan “X” lalu klik delete untuk menghapus objek  gambar awal 
 3.tekan SHIFT+A lalu pilih cylinder
 4.atur vertical menjadi “17”
 5.Hasil :
 6.PIlih edit mode
 7.Pilih “Face select+shift-Cick for multiple modes,Ctrl-Click expands selection”
8.pilih “faces” atas tutup tabung lalu tekan “X” lalu pilih faces.
 9.Hasil :
 10.Add modiier disebelah kanan dan pilih Solidify
 11. Hasil:
 12.Jadikan Thickness dan Atur Angka menjadi “0,2”
 13. Hasil:
 14.Pilih object mode
 15.apply modifier and remove from the stack
 17.klik object mode dan klik edit mode
 18.klik view dan pilih “view persp/ortho” Numpad 5
 19. Hasil : 
 20. klik view dan pilih “klik” front Numpad 5
 21.Hasil : 
 22. tekan kontrol R kemudian scroll 
 23.hasil :
 24.tekan tombol shift 
 25.
 26. tekan tombol shift lalu geser cursor ke kiri setelah itu tekan tombol E
 27. klik tombol “view” dan pilih right atau numpad 3  
 28. Hasil : 
 29.tekan tombol E dan lalu tekan tombol R dan tekan tombol x dan pilih angel 45 
 30. klik view dan klik front atau numpad 1
 31.Hasil :
 32.tekan tombol R dan tombol x dan pilih angela -45 
 33. Hasil : 
 34. tekan tombol x setelah itu pilih faces dan klik kanan  tekan tombol F  ,Kklik kanan tekan tombol f 
 35. hasil : 
 36. tekan tombol E  dan klik kanan dan tekan tombo f 
 37.  Hasil  : 
 38.pilih faces 
 39. Hasil : 
 40. tekan huruf  “X” lalu pilih Faces
 41. Hasil :
 42. Klik edge select pada menu dibawah
 43. tekan Sihft dan seleksi vertex yang berpasangan lalu tekan “F”
 44. Hasil :
 45. Klik Kanan lalu tekan huruf “F”
 46. lakukan step yang sama hingga membentuk sebuah gagang gelas tersebut
 47. Hasil :
 48. tambahkan vertex tersebut hingga menutupi bagian luar gelas tersebut
 49. tambahkan vertex pada bagian samping gagang tersebut
 50. Hasil :
 51. Klik menu “Add Modifier” lalu klik menu “Subdivision Surface”
 52. Hasil :
 53. lalu ubah “View” dan “Render” yang awalnya 2 menjadi 3 agar tampilan menjadi lebih halus
 54. tekan tombol “CTRL + R” sambil mengklik dan menggeser Vertex tersebut agar gagang menjadi lebih halus
 55. Hasil :
 56. lakukan step yang sama seperti langkah no.54 pada bagian bawah gagang gelas tersebut
 57. Hasil :
 58. tekan tombol “CTRL+R” pada bagian atas gelas/mulut gelas agar bagian atas gelas lebih halus
 59. Hasil :
 60. lakukan step seperti langkah no.58 untuk pada bagian bawah gelas
 61. Hasil :
 62. Pindahkan pointer ke ujung atas pegangan gelas
 63. Drag hingga sedikit miring ke kanan
 64. Pindahkan pointer ke ujung bawah pegangan seperti gambar
 65. Drag ke arah kanan hingga merata
 66. Klik Adjust cage to modifier result
 67. Ini Hasilnya
 68. Putar layar hingga berbentuk seperti di gambar
 69. Taruh pointer ke bagian alas dalam gelar
 70. Apply modifier and remove from the stack
 71. Ini hasilnya
 72.
 73. lakukan render seperti gambar
 74. Ini hasilnya
 75. Pilih enable nodes on a material
 76. Pilih sesuai gambar
 77. Lakukan Blender Render lagi
 78. Ini hasilnya
 79. Lakukan Step seperti gambar
 80. Beginilah hasilnya
 81.  Add new material dan atur warna serta teksturnya
 82. Lakukan render
 83. Inilah Hasil akhirnya


Pembuatan Gelas Kaca dengan aplikasi Blender

Posted by : Lintang Aprian Nur Asa 0 Comments

- Copyright © Rian's Blog Entertainment and Study - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -